Tugas 2 Sistem Operasi


  •  Pengertian dari :

a. Batch system
      Penggabungan tugas-tugas yang sama menjadi satu kelompok.

b. Multiprogramming
      Suatu sistem yang dapat mengerjakan/menjalankan dua program atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Multiprogramming merupakan usaha untuk meningkatkan penggunaan pusat pemroses dengan selalu menyediakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh pusat pemroses.

c. Time sharing
      Time sharing merupakan sistem pembagian waktu pada penjadwalan pusat pemroses dan prinsip pemrograman ganda untuk melayani pemakai pada selang waktu tertentu. Pada sistem time sharing dapat memungkinkan sejumlah user untuk menggunakan komputer secara bersamaan.

d. Paralel (multiprocessor)
       Sistem yang memiliki prosesor lebih dari satu untuk menjalankan satu atau lebih program menggunakan bus, clock, memori dan peralatan lain secara bersama-sama.

e. Terdistribusi
      Sistem yang menjalankan bagian-bagian program di beberapa komputer yang berbeda. Komputer-komputer itu terhubung dalam suatu jaringan. Dimana sistem tersebut memiliki komponen yang dapat saling berkomunikasi dan mengirim pesan. Contohnya internet.

f. Cluster
      Sistem kluster merupakan sebuah kesatuan yang digunakan oleh sistem operasi. Kluster dapat menyimpan informasi di dalam sebuah berkas atau direktori. Cluster mengatur data dalam harddisk untuk mengurangi pemborosan.

g. Real time
      Sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan memiliki ketepatan waktu dari hasil yang dikeluarkan.

h. Handheld
      Komputer yang memiliki ukuran kecil dan dapat digenggam. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa.

  • Perbedaan sistem single programming dan multiprogramming
      Pada sistem pemrograman tunggal(Single programming), jika terjadi dua atau lebih program yang dijalankan bersama, maka saat itu  hanya satu program yang dikerjakan dan program lain akan menunggu. sedangkan pada pemrograman ganda(multiprogramming) saat terjadi keadaan yang sama, maka pusat pemroses akan menjalankan program lain, sehingga tidak ada program yang menunggu.

  • Perbedaan symmetric dan asymmetric multiprocessing
      Pada symmetric multiprocessing kernel bisa dijalankan di prosesor mana saja, dan tiap prosesor bisa melakukan penjadwalan proses/thread secara mandiri. Sedangkan pada asymmetric multiprocessing kernel selalu berjalan di prosesor tertentu, sedangkan prosesor-prosesor lainnya menjalankan utiliti yang ada di sistem operasi atau mengerjakan tugas-tugas tertentu.

  • Perbedaan sistem paralel dan sistem terdistribusi
      Pada sistem paralel tiap processor dapat menggunakan memori atau clock bersama-sama, sedangkan pada sistem terdistribusi kumpulan processor tidak dapat digunakan secara bersamaan.

  • Perbedaan sistem terdistribusi dan sistem terkluster
      Sistem terdistribusi adalah sistem yang menjalankan bagian-bagian program di beberapa komputer
yang berbeda. Komputer-komputer itu terhubung dalam suatu jaringan.
Sistem terkluster adalah sistem yang terdiri dari banyak komputer yang disusun sedemikian rupa
untuk menyatukan sumber daya yang ada.

  • Symmetric dan asymmetric clustering
      Pada symmetric clustering semua host menjalankan aplikasi. Sedangkan dalam asymetric clustering, satu server menjalankan aplikasi sementara server lain dalam keadaan standby.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment